Kamis, 05 Agustus 2010

Berdoalah Bila Keluar Rumah

Seringkah Anda keluar rumah setiap hari? Tentu sering. Pergi bekerja, berbelanja, ke sekolah, menjemput anak sekolah, keluar rumah untuk hal-hal yang positif, bahkan (naudzubillah) untuk maksiat sekalipun, semua umumnya dilakukan di luar rumah.

Kecelakaan dan maksiat lebih besar peluangnya terjadi di luar rumah. Lihatlah orang yang tertabrak motor, menabrak mobil, dicopet, dimarahi atasan, marah pada orang lain, dipukul orang, selingkuh, korupsi, dan banyak lagi kejadian lainnya, semua itu terjadi di luar rumah.

Bagi seorang Muslim, bila ingin keluar rumah untuk melakukan semua perbuatan yang bernilai positif, maka kita dianjurkan untuk mengikuti anjuran Rasulullah Saw, yakni:

“Apabila seseorang keluar dari rumahnya dan berdoa: Bismillaahi tawaqqaltu alallaah, la haula walaa quwwataa illaa billaah (dengan nama Allah, aku bertawakal kepadaNya, tiada upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolonganNya), pasti akan dikatakan kepadanya, “Cukup bagimu, engkau telah diberi petunjuk dan dilindungi.” Syetanpun akan menjauhi dirinya” (HR Tirmidzi).

Dalam riwayat lain disebutkan:

“Maka pada saat itu dikatakan kepadanya, ”Engkau telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dilindungi.” Maka akan menjauhlah syetan darinya, dan syetan yang lain akan berkata “Bagaimana engkau dapat menggelincirkan seseorang yang telah diberi petunjuk, dicukupkan dan dilindungi?” (HR Nasai, Ibnu Hibban dan Abu Daud).

Mengingat hikmah yang luar biasa itu, mari biasakan selalu membaca doa tersebut setiap kali kita keluar rumah, walau hanya untuk membeli kerupuk di warung sebelah.

Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar