Jumat, 06 Agustus 2010

Mundurnya Wartawan Senior Gedung Putih

“Bangsa Yahudi harus keluar dari Palestina dan pulang ke kampung halaman mereka di Polandia, Jerman, Amerika Serikat, dan tempat-tempat lainnya”.



WASHINGTON – Wartawan senior Gedung Putih, Helen Thomas, 89, Senin (7/6) akhirnya menyatakan pensiun setelah muncul kecaman dari berbagai pihak atas komentarnya mengenai bangsa Yahudi.

Helen Thomas, adalah wartawan senior Gedung Putih yang dikenal sangat kritis dan vokal di antara para wartawan Gedung Putih. Ia mengecam keras Israel yang masih tetap menduduki Palestina.

“Bangsa Yahudi harus keluar dari Palestina dan pulang ke kampung halaman mereka di Polandia, Jerman,Amerika, dan tempat-tempat lainnya,” ujar Helen dalam sebuah rekaman video. Pernyataan Helen itu direkam oleh David Nesenoff, seorang rabi yang berkunjung ke Gedung Putih saat ada acara kebudayaan Yahudi, 27 Mei lalu.

“Saya kenali dia dan saya pikir pernyataannya itu menarik sekali. Lalu saya menjelaskan mengapa kami berada di sana dan saya mengajukan pertanyaan kepada orang orang mengenai Israel. Namun saya tidak percaya dengan apa yang keluar dari mulutnya. Saya terkejut dan juga tersinggung”, ujar Nesenoff, seperti dikutip New YorkTimes kemarin.

Sejak menjadi wartawan Gedung Putih pada masa Presiden John F Kennedy, Helen dikenal memang kritis dan cenderung suka mengeluarkan opininya. Kursinya di barisan depan ruang jumpa pers Gedung Putih. Kursinya khusus memiliki plakat dengan nama Helen Thomas yang tidak bisa duduki oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar