Minggu, 02 Mei 2010

Rambut Perempuan

Pengantar

Rambut terkadang menjadi kebanggaan bagi perempuan. Ia menjadi mahkota dan hanya boleh diperlihatkan kepada muhrimnya. Tetapi yang paling penting adalah bagaimana sang suami bisa lebih menyayangi, tentu saja salah satunya adalah bagaimana rambut bisa sehat dan terawatt.

Walau rambut ditutupi oleh berkerudung, merawat rambut tetap perlu dilakukanyang. Di bawah ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Ada tips menjaga agar rambut agar sehat terawatt dan tidak mudah rontok .

Hal-hal Sederhana yang Perlu Diperhatikan

1) Kerudung (dan Jilbab)


Ada hal yang perlu diluruskan pemahaman kaum Muslimin, yaitu masalah jilbab dan kerudung. Kalau jilbab, ia merupakan pakaian yang sudah sepaket dengan kerudung. Sementara kerudung, ya, kerdung saaj, sepotong kain yang hanya menutupi seluruh kepala sampai dada seorang perempuan.

Tetapi baik jilbab maupun kerudung merupakan masalah ini adalah utama dan pertama. Tidak sedikit perempuan memakainya tanpa memperhatikan fungsi dari kesehatan rambut dan kulit kepala. Terkadang mereka memakai kerudung yang tebal, berwarna gelap, terbuat bukan dari bahan katun, hanya karena ingin disebut telah menunaikan aspel syar'i-nya.

Kerudung dan jilbab, sebaiknya juga memenuhi kaedah dan syarat kesehatan: Terbuat dari bahan yang gampang menyerap keringat (bahan katun, misalnya), warnanya lebih lembut dan tidak menyerap sinar matahari, dan tidak ketat (menyesak) pada bagian kepala (terutama) dan tubuh. Ini prinsip segi kesehatan yang perlu diperhatikan. Tentang aspek syar'iyyahnya, itu juga sudah seharusnya difahami oleh kaum ibu.

Jilbab, selain berguna bagi kesehatan kulit (mencegah munculnya penyakit dan kelainan pada kulit yang disebabkan oleh sinar matahari), ia bisa menghindarkan muslimah dari berbagai pelecehan seksual dan akan lebih dihargai. Sinar matahari dapat menimbulkan kulit merah-merah, pengerakan pada kulit, bercak merah, sensitifitas akibat sinar matahari, sampai kanker kulit. Jilbab itu mampu meminimalkan efek sinar matahari, apalagi sekarang lapisan ozon semakin menipis akibat pemanasan global. Kondisi itu menyebabkan sinar ultraviolet memiliki potensi lebih besar untuk mengenai kulit secara langsung tanpa disaring terlebih dulu oleh lapisan ozon.

Berjilbab melindungi para muslimah dari berbagai pelecehan seksual. Kekerasan dan pelecehan seksual di kalangan remaja cukup memprihatinkan. Data dari Rifka Annisa (sebuah LSM di Yogyakarta) menunjukkan, pada remaja berusia 12-21 tahun telah terjadi 137 kasus kekerasan dalam pacaran, 44 kasus pelecehan seksual, dan 78 kasus pemerkosaan. Selain itu, berdasarkan data konseling PKBI Daerah Istimewa Yogyakarta pada 2007, angka kehamilan tidak diinginkan pada usia SMP sampai perguruan tinggi mencapai 430 kasus. berbagai pelecehan seksual. Bahkan, mereka akan dihargai oleh orang-orang di lingkungannya.

"Hai Nabi katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Ini supaya mereka mudah dikenali, dan mereka tidak diganggu" (QS. Al-Ahzab: 59).

Jadi, jngan takut memakai jilbab. Ia tidak menghambat aktivitas, dan yang peling penting adalah kita telah berusaha bergaya dan beraktifitas sesuai dengan perintah agama Islam.

2) Shampoo

Hindari pemakaian shampoo dengan busa yang terlalu banyak. Shampoo yang berbusa banyak umumnya mengandung pH 7 sampai 8 (bersifat basa), dapat merusak suasana asam alamiah kulit kepala yang pH-nya sekitar 5,5.

Ketidakseimbangan pH itu mengganggu pertumbuhan rambut yang sehat dan pada ujungnya menyebabkan rambut rontok. Walau aneh dalam pendangan orang, namun cobalah mengganti shampoo dengan formula rendah busa, atau gunakan shampoo bayi karena umumnya tidak mengandung detergen.

3) Kondisioner

Bahan ini bermanfaat untuk melawan sifat rambut yang cenderung menaik pH-nya menajdi alkalis (basa). Sifat asam dalam kondisioner itu mampu menutupi kutikula rambut (semacam lapisan rambut).

Kondisioner juga memberi minyak pada rambut dan membuatnya lebih bercahaya. Walau sebetulnya rambut juga memproduksi minyak, tetapi pada rambut yang panjang, minyak tidak sampai pada ujung rambut, dan inilah salah satu guna conditioner.

4) Masase Kulit Kepala

Sering-seringlah memijat kulit kepala. Memijat kulit kepala berfungsi untuk membantu memperlancar peredaran darah. Darah akan menuju pembuluh kapiler untuk mengantarkan makanan bagi akar-akar rambut.

Tundukkan kepala ketika menshampoo rambut, sambil memijat kulit kepala. Cara ini dapat membantu otak mendapat asupan oksigen lebih baik dan banyak, yang pada gilirannya dapat membantu menambah berkonsentrasi dengan lebih baik.

5) Asupan Suplemen Tambahan (Alami)

Minumlah suplemen yang mengandung vitamin B (B5 dan B6) dan Zinc, terutama jika memang kurang mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan. Vitamin B5 dan B6 mengatur produksi sebum, minyak yang melumaskan folikel rambut sehingga menghasilkan batang rambut yang sehat.

Sementara manfaat zinc adalah mengatasi kerontokan rambut (botak). Proses pertumbubuhan rambut diatur oleh mekanisme hormon pengatur pertumbuhan rambut dan bulu Kerja hormon tersebut akan terganggu karena kekurangan unsur zinc. Dengan demikian pertumbuhan rambut akan kembali normal.

Makanan alami yang mengandung vitamin B dan Zinc adalah dari kacang-kacangan, wholegrain, pisang, strawberry, mangga, kiwi, dan lai-lain.

6) Tidak Minum Kopi dan Soda

Lebih baik tidak mengkonsumsi kopi dan soda (minuman yang berkarbonasi). Gantilah dengan minuman yang smoothie, semisal buah yang kaya akan vitamin B, seperti pisang, stroberi, mangga dan buah kiwi, sehingga asupan vitamin B akan bertambah banyak.

Selain itu kelebihan kafein dalam tubuh malah akan menghilangkan cadangan vitamin B5 dan B6. Kacang-kacangan dan wholegrain yang kaya akan zinc juga mutlak dikonsumsi untuk mengatasi kerontokan rambut.

7) Tidak Menggunakan Zat Kimia dan Perlakuan Fisik Lainnya

Batasi penggunaan zat kimia ataupun perlakuan fisik berlebihan pada rambut. Rambut yang diwarnai, direbonding, dicatok, atau diikat maupun dikeringkan dengan menggunakan hair dryer, telah menyiksa rambut, sehingga rambut jadi stres dan lebih rapuh.

8) Hindari Stres, Cukup Tidur, dan Diet Ketat (Tidak Seimbang)

Hidup dengan kondisi stres dapat memicu kerontokan rambut. Usahakan tidur cukup agar tubuh Anda mendapatkan cukup istirahat. Hindari menghisp rokok dan meminum alkohol.

Hindari diet terlalu ketat atau diet yang tak seimbang. Kurangnya asupan protein akan mengurangi pula jatah nutrisi protein untuk pertumbuhan rambut. Bahkan bisa menyebabkan kerontokan rambut, yang bisa menjadikan kebotakan permanen.

Terapi Rambut (Bila Rambut Rusak)

Terapi rambut sebaiknya dilakukan ketika rambut belum bermasalah. Perlakuan pada kondisi ini lebih cenderung disebut merawat rambut. Namun bila kondisi rambut telah rusak (rontok yang berlebihan), maka ini saatnya bergegas memberikan terapi bagi rambut agar ia bisa kembali indah dan tumbuh seperti sediakala. Untuk itu, coba perhatikan hal-hal di bawah ini.

a) Perbaiki Nutrisi Asupan Makanan

Perbaiki nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dengan cara memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin A, B dan C. Juga, perhatikan asupan protein dan kalsium yang ada dalam sayuran hijau, biji-bijian, olahan kedelai, olahan susu, pepaya, tomat dan makanan laut. Pola makan yang teratur menyebabkan asupan nutrisi dapat terjaga dan bisa diserap oleh senyawa yang memproses pertumbuhan rambut.

b) Stress dan Problem Hormonal

Bila rambut rontok akibat stres, mau tak mau anda harus menyelesaikan penyebab stres itu sendiri. Tak ada masalah yang tidak ada jalan keluarnya. Namun bila kerontokan disebabkan karena hormon, nampaknya penanganannya sedikit njelimet.

Dalam dunia perawatan rambut akibat problem hormonal, hanya ada 2 (dua) obat-obatan yang diperbolehkan untuk memperbaiki kerja hormone, yakni minoxidil dan finasteride.

Kedua obat ini mengatur hormon testosteron dan meningkatkan jumlah serta ukuran pembuluh darah sehingga meningkatkan sirkulasi peredaran darah ke kepala. Folikel baru pun bisa tumbuh lebih sehat. Untuk kasus ini, alangkah baiknya meminta nasehat dokter kulit.

c) Transplantasi Rambut

Cara lainnya menutupi kebotakan akibat rambut rontok adalah dengan jalan transplantasi rambut (menanam rambut dengan teknik operasi). Tetapi pastilah biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.

Kerontokan akibat terapi penyakit kanker yang menggunakan obat Kemoterafi, biasanya bersifat sementara. Dengan berjalannya waktu, kulit kepala yang semula botak secara perlahan akan kembali ditumbuhi rambut. Namun ada juga yang mengalami kebotakan permanen. Jalan keluar yang mungkin adalah dengan cara transplantasi rambut.

Penutup

Mencegah kerusakan rambut adalah tindakan yang bijaksana. Kita tentu tidak menginginkan kepala menjadi botak akibat ulah kita sendiri. Akan bijaksana bila kita sejak awal menyayangi rambut dengan menghindarinya dari penyebab-penyebab kerusakan dan kerontokan pada kepala kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar