Selasa, 04 Mei 2010

Doa

Ada 7 (tujuh) kelompok orang yang doanya makbul dan dikabulkan Allah SWT. Kelompok tersebut disebutkan begitu dalam berbagai hadits. Namun, orang Islam tetap diperintahkan selalu berdoa, memohon kepadaNya. Kalau cara kita berdoa benar, maka doa kita akan didengar dan dikabulkan. Di bawah ini 7 (tujuh) kelompok orang tersebut adalah:

1) Doa orang yang dizhalimi,
2) Doa orang yang sedang bepergian,
3) Doa Orang Tua kepada anaknya,
4) Doa orang yang sedang shaum,
5) Doa daro pemimpin yang adil,
6) Doa seorang Muslim kepada saudaranya,
7) Doa anak kepada orang tuanya.


Hatist-hadits yang menyebutkan doa yang dilantunkan oleh kelompok kaum Muslimin itu antara lain adalah sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلاَثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ

“Tiga orang yang do’anya dikabulkan dan tidak ada keraguan padanya: Do’a orang yang dizhalim, do’a orang yang sedang bepergian, dan do’a orang tua terhadap anaknya” (HR. Riwayat Abu Hurairah Ra. dari Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثَةٌ لَا تُرَدُّ دَعْوَتُهُمْ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالْإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ يَرْفَعُهَا اللَّهُ فَوْقَ الْغَمَامِ وَيَفْتَحُ لَهَا أَبْوَابَ السَّمَاءِ وَيَقُولُ الرَّبُّ وَعِزَّتِي لَأَنْصُرَنَّكِ وَلَوْ بَعْدَ حِينٍ

“Tiga orang yang do’anya tidak ditolak adalah: do’a orang yang sedang shaum sampai ia berbuka, do’a pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizhalimi, Allah mengangkatnya di atas mega, lalu membukakan baginya pintu-pintu langit dan berfirman: Demi kemuliaanKu, Aku akan menolongmu walaupun sampai akhir zaman” (HR riwayat Abu Hurairah dari Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).

يَقُولُ دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ

"Do’a seorang muslim kepada saudaranya yang dilakukan di belakangnya (dari jauh dan tidak diketahuinya) diijabah" (HR. Muslim).

أَرْبَعٌ دَعْوَتُهُمْ مُسْتَجَابَةٌ : الإِمامُ اْلعادِلُ , والرجل يدعو لأخيه بظهر الغيب , و دعوة المظلوم , و رجل يدعو لوالديه (رواه أبو نعيم عن واثلة)

“Empat orang yang do’anya dikabulkan: Pemimpin yang adil, seseorang yang mendo’akan saudaranya di belakangnya, do’a orang yang dizhalimi, dan seseorang yang mendo’akan orang tuanya” (HR. Abu Nu’aim dari Watsilah).

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِلْعَبْدِ الصَّالِحِ فِي الْجَنَّةِ فَيَقُولُ يَا رَبِّ أَنَّى لِي هَذِهِ فَيَقُولُ بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ (احمد:10202)

“Sesungguhnya Allah Azza wa jalla mengangkat derajat seorang hamba yang shalih di surga. Lalu si hamba itu bertanya, Ya Rabbi, saya mendapatkan semua ini dari mana? Maka Allah menjawab, berkat permohonan ampunan anakmu bagimu" (HR Abu Hurairah dari Ahmad).

Hari ini bangun tidur kita berdoa. Masuk dan keluar toilet kita juga berdoa. Sarapan pagi kita berdoa. Kita lihat anak-anak kita pergi sekolah, dia berdoa dan didoakan oleh kita. Pergi kantor didoakan oleh istri dan kita juga berdoa. Ketika memulai bekerja kita berdoa. Alhamdulillah, pulang kerja dan sampai di rumah juga kita berdoa. Makan malam kita berdoa. Mau tidur dan tidur dengan istri kita berdoa. Semua kegiatan orang Islam selalu didahului dengan doa. Jadi, jangan lupa untuk selalu berdoa hari ini.

Beberapa hari yang lalu, saya berdoa agar anak nomor 5 (lima) bisa lulus seleksi masuk ke Sekolah Menengah Pertama di Bogor. Kemarin saya dapat SMS dari staf tata usaha sekolah tersebut bahwa dia lulus dan diterima di sekolah itu. Alhamdulillah, ini doa orang tua kepada anaknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar