Senin, 14 Desember 2009

Manusia Kreatif

Pengantar

Menurut Mikhayl Csikszentmihalyi, seorang pakar kreatif yang telah 30 tahun meneliti kehidupan orang-orang kreatif, kesalahpahaman dalam menilai mereka karena individu kreatif memiliki kepribadian kompleks. Jika kepribadian manusia biasa umumnya cenderung ke arah tertentu, maka kepribadian orang kreatif terdiri dari sifat-sifat berlawanan yang terus-menerus ‘bertarung’. Namun, kontradiksi itu hidup berdampingan dalam satu tubuhnya. Di bawah ini adalah sifat-sifat kontradiktif mereka.

Energik

Memiliki tingkat energi berlebih. Cenderung gila kerja (workchoholic). Tahan lama dalam bekerja dan berkonsentrasi tanpa merasa jenuh, lapar, atau gatal-gatal karena belum mandi, misalnya. Tapi begitu selesai, mereka bisa menghabiskan waktu berhari-hari untuk mengisi ulang tenaganya; Dalam kondisi ini, di mata orang luar, mereka terlihat seperti orang termalas di dunia.

Cerdas

Umumnya cerdas, tetapi pada waktu lain bisa saja berpikir seperti orang yang paling bodoh dalam memandang sebuah persoalan. Mereka memecahkan masalah dengan berpikir divergen (beragam): mengeluarkan sebanyak dan beragam mungkin ide, tidak peduli betapapun bodoh kedengarannya.

Riang, Tekun dan Disiplin

Selalu terlihat riang gembira. Mereka juga disiplin dan tekun. Orang lainnya melihat dunia dengan kacamata super-serius, tapi justru mereka memandang bidang mereka seperti suasana taman ria. Mereka antusias bekerja sehingga terkesan seperti sedang bermain, padahal mereka bekerja keras mewujudkannya.

Imajinatif

Selalu penuh imajinasi dan fantasi mereka melambung, tetapi tetap berpijak pada realita. Mereka mampu menelurkan ide-ide gila yang belum pernah tercetus oleh 6 milyar manusia lain. Namun ide tersebut bukan sekedar mimpi. Ide ini adalah usaha mereka untuk menjembatani dunia khayalan mereka dengan kenyataan, sehingga orang lain bisa mengerti dan menikmatinya.

Introvert sekaligus Ekstrovert

Cenderung introvert dan sekaligus ekstrovert. Introvert adalah perilaku yang mengadaptasi nilai dari luar untuk dipakai sendiri. Sedangkan ekstrovert adalah perilaku seseorang yang perhatiannya tertuju kepada nilai-nilai eksterna dan berusaha mempengaruhi nilai-nilai yang ada di luar dirinya itu.

Pada kebanyakan orang, ada satu sifat yang mendominasi perilakunya sehari-hari. Tetapi baik introvert maupun ekstrovert, keduanya muncul dalam porsi setara pada orang-orang kreatif. Mereka menikmatinya, baik dalam pergaulan dengan orang lain (terutama dengan orang-orang kreatif lain yang sehobi) maupun kesendirian total mereka ketika mengerjakan sesuatu.

Rendah Hati dan Bangga dengan Dirinya

Biasanya rendah hati, namun juga bangga akan pencapaian usahanya. Mereka sadar bahwa ide-ide mereka tidak muncul begitu saja, melainkan dari hasil olahan inspirasi dan pengetahuan yang diperoleh dari lingkungan dan tokoh-tokoh kreatif yang menjadi panutan mereka. Mereka fokus pada rencana masa depan atau pekerjaan saat ini, sehingga prestasi di masa lalu tidak sebegitu berarti bagi mereka. Dengan kata lain, yang mereka fikirkan adalah masa kini dan esok.

Androgini

Orang-orang kreatif adalah androgini; Androgini adalah sifat-sifat yang lebih cenderung kepada kejantanan. Pada lelaki kreatif, ia akan kelihatan lebih macho. Sedangkan pada perempuannya, ia lebih terlihat maskulin.

Mereka berusaha mendobrak batas-batas stereotipe gender. Lelaki kreatif biasanya lebih sensitif dan kurang agresif dibandingkan dengan lelaki lain yang tidak begitu kreatif. Sementara perempuan yang kreatif juga lebih dominan dan ‘keras’ (cenderung keras kepala) dibandingkan dengan perempuan pada umumnya.

Berjiwa Pemberontak

Cenderung pemberontak, walaupun tetap menghargai tradisi lama. Tetapi mereka sulit menyematkan nilai kreativitas pada sebuah teori atau karya yang tidak mengandung sesuatu yang baru. Mereka tidak ingin membuat sesuatu yang sekedar berbeda dari yang sudah ada;

Ada unsur ‘perbaikan’ atau ‘peningkatan’ yang harus dipenuhi, dan itu hanya bisa dilakukan setelah orang-orang kreatif cukup memahami aturan-aturan dasar (yang berdasarkan tardisi) untuk kemudian bisa menerabas (mendobrak)nya.

Super Semangat

Sangat bersemangat mendalami pekerjaan, tetapi juga obyektif menilai hasilnya. Tanpa hasrat yang menggebu-gebu, mereka tidak gampang menyerah sebelum sempat mewujudkan ide mereka yang sulit dinyatakan. Mereka juga tidak akan menghasilkan sesuatu yang hebat tanpa terlebih dahulu mengkritik diri dan karya sendiri habis-habisan.

Inovatif dan Terbuka terhadap Hal Baru dan Lebih Sensitif

Mereka terbuka terhadap hal-hal baru dan sensitif pada lingkungan. Sifat ini menyenangkan mereka dan mendukung proses kreatif mereka. Tetapi juga membuat mereka sering gelisah dan bahkan menderita bila sesuatu yang tidak beres ada di sekitar mereka, bahkan terhadap kritik dan cemoohan terhadap hasil karya dan pencapaian mereka yang tidak dihargai sebagaimana mestinya. Hal-hal ini sangat mengganggu orang kreatif lebih dari orang biasa. Mereka lebih sensitif, tetapi bisa jadi sangat tidak perduli dengan apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar